Sunday, April 10, 2016

Pantai watu ulo mistis yang tersembunyi

Inspirasi penulisan dari http://www.tabloidwisata.com Watu Ulo berarti "ular batu" dalam bahasa Jawa. Ini adalah nama sebuah pantai di Desa Ambulu, Kecamatan Sumberejo, sekitar 40 km sebelah selatan dari Jember, Jawa Timur. Nama Watu Ulo mengacu pada serangkaian batu yang memanjang dari pantai ke laut. Setiap 7 Syawal, ritual Larung Sesaji, ritual melemparkan beberapa persembahan ke laut sebagai tanda hormat dan terima kasih, berlangsung. Sekitar pantai, pengunjung juga dapat melihat beberapa tempat wisata lainnya, seperti Goa Jepang, Goa Kelelawar, dan beberapa fasilitas pendukung seperti taman bermain dan area berkemah.

Sebuah pantai yang sangat alami selatan Jember selain watu ulo jember. Sebenarnya ada 3 pantai arounds daerah. Papuma dan pantai Malikan.

Watu Ulo Pantai yang berdekatan dengan Papuma pantai yang terletak sekitar 45 km dari Jember, Jawa Timur. klaster selatan dari Jember di Samudera Indonesia, yang memiliki panorama alam yang indah. Untuk sampai ke Watu Ulo Pantai dapat dicapai dengan berbagai jenis kendaraan. Disebut Watu Ulo Pantai karena merupakan batu panjang ular berbentuk, dengan skala penuh. Menurut cerita rakyat, ada ular tua yang tidak beribadah bermeditasi di tepi pantai ini. Setelah permohonannya di Sang Hyang Agung diberikan, ular itu berubah menjadi batu dengan kepala terjebak ke laut dan tubuh berada di daratan.

Pada hari-hari pendudukan Jepang, pegunungan di sekitar Watu Ulo Pantai digunakan sebagai bala bantuan pertahanan dan tentara pengintai musuh yang ingin menyusup daratan melalui pantai. Benteng Jepang, sebesar lima potongan oleh masyarakat setempat disebut Gua Jepang dan merupakan salah satu lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Pantai Watu Ulo 02 Selain Jepang Cave, di Watu Ulo adalah Gua Lowo (Bat Cave), yang menempati ratusan ribu kelelawar. Gua ini dapat dimasukkan oleh pengunjung untuk menyusuri dan melewati pantai berpasir. Karena tempat ini tenang dari keramaian, gua ini sering digunakan sebagai tempat meditasi bagi sebagian orang, terutama mengingat gua ini memiliki kedalaman 100 m.
Saat ini, ada dua upacara diadakan di daerah pantai Watu Ulo, yaitu Pekan Raya Watu Ulo diadakan setiap 1 Syawal dan Larung Sesaji Watu Ulo Pantai, diadakan pada 7 Syawal dan menjadi salah satu tradisi dan hiburan bagi orang-orang dari Jember dan sekitarnya.

No comments:

Post a Comment